Pembaharuan pendidikan
dan pembelajaran selalu dilaksanakan dari waktu ke waktu dan tak pernah henti.
Pendidikan dan pembelajaran berbasis kompetensi merupakan contoh hasil
perubahan dimaksud dengan tujuan untuk meningkatkan kulitas pendidikan dan
pembelajaran'.
Pendidikan berbasis
kompetensi menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan suatu
jenjang pendidikan. Kompetensi yang sering disebut dengan standar kompetensi
adalah kemampuan yang secara umum harus dikuasai lulusan. Kompetensi menurut
Hall dan Jones (1976: 29) adalah "pernyataan yang menggambarkan penampilan
suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara
pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur". Kompetensi
(kemampuan) lulusan merupakan modal utama untuk bersaing di tingkat global,
karena persaingan yang terjadi adalah pada kemampuan sumber daya manusia. Oleh
karena. itu, penerapan pendidikan berbasis kompetensi diharapkan akan
menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat global. Implikasi
pendidikan berbasis kompetensi adalah pengembangan silabus dan sistem penilaian
berbasiskan kompetensi.
Paradigma pendidikan
berbasis kompetensi yang mencakup kurikulum, pembelajaran, dan penilaian,
menekankan pencapaian hasil belajar sesuai dengan standar kompetensi. Kurikulum
berisi bahan ajar yang diberikan kepada siswa/mahasiswa melalui proses
pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan
prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran yang mencakup pemilihan materi,
strategi, media, penilaian, dan sumber atau bahan pembelajaran. Tingkat
keberhasilan belajar yang dicapai siswa/mahasiswa dapat dilihat pada kemampuan
siswa/mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang harus dikuasai sesuai
dengan staniar prosedur tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar