Senin, 04 Maret 2013

Sejarah Perkembangan Filsafat Ilmu


oleh : Didik Setiawan
Filsafat ilmu merupakan bagian dari epistemology (filsafat pengetahuan) yang secara spesifik mengkaji hakikat ilmu (pengetahuan ilmiah). Meskipun secara metodologis ilmu tidak membedakan antara ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu social, berikut beberapa perkembangan : 
1. Perkembangan pada Zaman Helenistis
Pada zaman Alexander agung telah berkembang sebuah kebudayaan trans nasional yang disebut kebudayaan Hellenistis.
Pada masa ini muncul beberapa aliran berikut:
1.    Stoisisme
Menurut paham ini jagat raya ditentukan oleh kuasa-kuasa yang disebut Logos. Oleh karena itu, segala kejadian berlangsung menurut ketetapan yang tidak dapat dihindari.
2.    Efikurisme
Segala-galanya terdiri atas atom-atom yang senantiasa bergerak. Manusia akan bahagia jika mau mengakui susunan dunia ini dan tidak boleh takut pada dewa-dewa.
3.    Skeptisisme
Mereka berpikir bahwa bidang teoritis manusia tidak sanggup mencapai kebenaran. Sikap umum mereka adalah kesangsian.
4.    Eklektisisme
Suatu kecenderungan umum yang mengambil berbagai unsure, filsafat dari aliran-aliran lain tanpa berhasil mencapai suatu pemikiran yang sungguh-sungguh.
5.    Neo Platonisme
Paham yang ingin menghidupkan kembali filsafat Plato. Tokohnya adalah Plotinus. Seluruh filsafatnya berkisar pada Allah sebagai yang satu. Segala sesuatu berasal dari “yang satu” dan ingin kembali kepadanya.
2. Perkembangan pada Zaman Renaissance
Zaman Renaissance ditandai sebagai era kebangkitan kembali pemikiran yangbebas dari dogma-dogma agama. Renaissance ialah zaman peralihan modern. Manusia pada zaman ini adalah manusia yang merindukan pemikiran yang bebas. Manusia ingin mencapai kemajuan atas hasil usaha sendiri, tidak didasrkan atas campur tangan ilahi. Penemuan ilmu pengetahuan modern sudah mulai dirintis pada zaman renaissance. Ilmu pengetahuan yang berkembang maju pada masa ini adalah bidang astronomi. Tokoh – tokoh yang terkenal seperti Roger Bacon, Copernicus, Johannes Keppler, Galileo Galilei. Berikut cuplikan pemikiran para filsuf tersebut :
  1. Roger Bacon,
  2. Copernicus,
  3. Johannes Keppler,
  4. Galileo Galilei 
3. Perkembangan pada Zaman Modern
Zaman Modern ditandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan . Seperti Rene Descartes, Isaac Newton, Charles Darwin
4. Perkembangan pada Zaman Islam
Al-Kindi sebagai filosof pertama dalam sejarah Islam tentu terkait dengan kenyataan bahwa Al-Kindi lah orang yang pertama yang berusaha merumuskan secara sistematis  apa itu filsafat Islam. Dia memang dikenal sebagai orang Mu’Tazili (pengikut Mazhab Rasionalistik dalam teologi Islam), karena posisinya sebagai filosof awal Islam dan dialah yang menulis buku (Al-Falasafah Au-l-‘Ula). Dalam buku ini Al-Kindi menunjukkan bahwa concern ( Filsafat Pertama) atau Metafisika, sesungguhnya sama dengan teologi, yakni tentang Tuhan. Berikut Tokoh Filsafat Islam :
a.              Filosofis Al-Kindi  pada tahun (801-873).
b.              Filosofis Al-Farabi  pada Tahun (870-950).  
c.              Filosofis Ibnu Sina  pada tahun (980-1037).
         Al-Kindi, Al-Razi, Al-farabi, Ikhwan Al-shafa, Ibnu Maskawaih, Ibnu Sina, Al-Ghazali dan Suhrawadi  Al-Maqthul. Dari Islam barat : Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail dan Ibnu Rusyd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar