Selasa, 05 Maret 2013

Teori - Teori Modernisasi

oleh : Didik Setiawan
       Pandangan teori – teori modernisasi yang mencakup berbagai hal ini dilatari oleh pendapat mereka mengenai ketertinggalan pembanganan dalam suatu Negara seperti Agama yang di kemukakan oleh Max Webber yaitu etika protestan, kemudian Teori Ingin Berprestasi/Need Achievement dari Mc Cleland, sikap manusia, tabungan investasi ( harord-dorman), Lima Tahap pembanguan (WW Rostow) serta factor – factor non – ekonomi (Belt F Hatelz). Semunaya merupakan penganut teori modernisasi, pandangan penganut teori modernisasi secara lebih rinci bahwa suatu bangsa jika terjadi ketertinggalan atau keterbelakaangan pembangunan maka yang harus diperhatikan ada beberapa hal menurut teori modernisasi.
berikut ialah pandangan teori modernisasi, berikut ini :
-          Max Webber ( Agama ) “etika protestan” : menurutnya suatu Negara akan mengalami kemajuan jika masyarakatnya menganut nilai – nilai, etika,
Dalam buku yang berjudul “the protestant ethic and the spirit of capitalism” dikatakan bahwa Negara yang mengalami kemajuan pembangunan serta kemajuan ekonomi yang pesat itu didasari oleh system kapitalisme, serta menganut etika agama protestan.
-          Teori Dorongan berprestasi atau need Achivement Oleh David Mc Clelland
Pandangan terhadap Negara / bangsa yang ketertinggalan pembangunan dan kemajuan ekonominya dilihat dari segi teori ini, bahwa suatu bangsa harus memiliki dorongan untuk berprestasi dan memilki rasa ingin maju dari yang lain sehingga akan berdampak pada kemajuan ekonomi dan pembangunan, seorang yang memiliki jiwa saerta semangat untuk berprestasi akan selalu berusaha agar menjadi terbaik dan memilki prestasi. Maka mental yang dibangun pada Negara maju ialah selalu ingin berprestasi.
-          Teori Hardord Dorman : mengenai Tabungan dan Investasi :
Pandanag terhadap Negara / bangsa yang ketertinggalan pembangunan dan kemajuan ekonomi dilihat dari teori ini bahwa jiak suatu Negara memilki tabungan serta innvestasi yang tinggi maka Negara tersebut akan mengalami kemajuan ekonomi dan pembanguan yang pesat,. Pada intinya teori ini mengajarkan agar Negara memiliki tabungan dan investasi yang dapat mendorong toinnginya kemajuan ekonomi.
-          Teori Lima Tahap pembangunan ( WW Rostow)
Pandangan teori terhadap Negara / bangsa yang mengalami ketertinggalan pembangunan / dan kemajuan ekonomi, maka teori ini berpendapat bahwa ada lima tahapan untuk bisa bangkit dari masyarakat yang terbelakang menuju masyarakat yang maju, lima tahapan tersebut diantaranya : tahap masyarakat tradisional, kemudian tahap prakondisi untuk lepas landas, lalu bersambung pada tahap lepas landas, tahap bergerak ke kedewasaan, dan yang terakhir yaitu tahap jaman konsumsi masal yang tinggi.   
-          Faktor – faktor ekonomi : Belt F Hoselitz
Pandangan terhadap Negara / bangsa yang mengalami ketertinggalan pembangunan dan kemajuan ekonomi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar